With An Entertainment We Can Find A Way To Happy And Find Something New!!!!!

Tugas Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Posted by Games 4 Life On Senin, 21 Oktober 2013 0 komentar

Nama : Meiddy Meinhard
NPM  : 14111392
Kelas : 3KA36

OpenGL

OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat program adalah sebagai berikut :

·         Header Glut
Header glut merupakan sebuah library untuk mendeklarasikan serta menjalankan sebuah program OpenGL. Library glut ini memiliki 3 file yang terdiri dari sebagai berikut:

·         Glut.h
·         Glut32.lib
·         Glut32.dll

·         Dev C++
Dev C++ merupakan aplikasi bahasa pemrograman berbasis bahasa C yang akan digunakan pada kali ini sebagai compiler serta menjalankan program OpenGL yang akan dibuat pada penjelasan selanjutnya.

Cara Memasang Library OpenGL Pada Dev C++

Ketika program Dev C++ telah terinstall pada komputer langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

·        Jalankan aplikasi Dev C++ nya
·        Setelah jendela program Dev C++ terbuka klik menu Tools lalu klik Package Manager seperti contoh berikut.



·         Setelah jendela Package Manager terbuka klik Install seperti pada gambar



·         Setelah mengklik Install pada jendela Package Manager sebelumnya maka akan muncul sebuah jendela eksplorer. berikutnya cari file glut-3.7.6-bin pada direktori berikut ganti tipe file menjadi All File  kemudian klik Open seperti gambar berikut.

·         Setelah mengklik Open maka akan muncul sebuah jendela langkah instalasi klik Next sampai proses penginstalan selesai.



Setelah File Library glut telah selesai terinstall selanjutnya membuat sebuah project baru dengan langkah seperti berikut :

·         Klik menu File -> pilih new -> klik Project.



·         Maka akan muncul jendela New Project klik tab Multimedia pilih OpenGL lalu beri nama project dengan mengetik pada kolom Name klik Ok lalu Save.



Membuat Garis Vertikal

Setelah selesai membuat project baru pada sebelumnya maka akan muncul tampilan sebuah source code yang begitu banyak. Untuk membuat koding garis vertikal terlebih dahulu cari sebuah bagian koding yang bertuliskan  /* OpenGL animation code goes here */ /* OpenGL animation code goes here */ . Seperti contoh gambar berikut.



Berikut ini adalah koding untuk membuat garis vertikal.

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin (GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);
Berikut ini adalah contoh gambar penulisan koding berikut.



Setelah selesai memasukan koding pada field sebelumnya selanjutnya jalankan programnya, pertama-tama compile program tersebut dengan menekan tombol F9 maka akan muncul jendela Save ketik vertikal kemudian save maka proses compile akan berjalan tunggu beberapa saat kemudian bila tidak ada kesalahan atau eror maka program akan berjalan seperti gambar berikut ini:




Membuat Garis Horizontal

Setelah selesai membuat garis vertikal pada sebelumnya selanjutnya adalah membuat garis horizontal berikut ini adalah source kode program :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin (GL_LINES);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
           
glVertex3f(-0.6f,0.0f,0.0f);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

Berikut ini adalah contoh gambar penulisan koding program diatas.

Setelah selesai membuat koding pada sebelumnya, save file tersebut dengan mengklik menu File -> klik Save As -> Ketik horizontal kemudian klik Save. Langkah selanjutnya adalah menjalankan programnya diawali dengan mengcompile programnya terlebih dahulu dengan menekan tombol F9 lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai, bila tidak ada kesalahan atau eror maka muncul hasil outputnya seperti gambar berikut.



Membuat Garis Diagonal

Setelah selesai membuat garis horizontal pada sebelumnya selanjutnya membuat garis diagonal. Berikut ini adalah source koding program.

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin (GL_LINES);
           
glVertex3f(0,0,-0.8);         
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);

Setelah selesai membuat koding pada sebelumnya, save file tersebut dengan melakukan Save As seperti cara sebelumnya beri nama file diagonal kemudian Save. Selanjutnya compile program tersebut dengan menekan tombol F9 kemudian tunggu beberapa saat maka muncul jendela out put program seperti gambar berikut :




0 komentar:

Posting Komentar