Nama : Meiddy Meinhard
NPM : 14111392
Kelas : 3KA36
OpenGL
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis
standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL
bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa
pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows,
Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan
fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3
files yaitu:
Bahan
yang dibutuhkan untuk membuat program adalah sebagai berikut :
·
Header Glut
Header glut merupakan
sebuah library untuk mendeklarasikan serta menjalankan sebuah program OpenGL.
Library glut ini memiliki 3 file yang terdiri dari sebagai berikut:
·
Glut.h
·
Glut32.lib
·
Glut32.dll
·
Dev C++
Dev C++ merupakan
aplikasi bahasa pemrograman berbasis bahasa C yang akan digunakan pada kali ini
sebagai compiler serta menjalankan program OpenGL yang akan dibuat pada penjelasan
selanjutnya.
Cara Memasang Library OpenGL Pada Dev C++
Ketika program Dev C++
telah terinstall pada komputer langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :
·
Jalankan
aplikasi Dev C++ nya
·
Setelah jendela
program Dev C++ terbuka klik menu Tools lalu
klik Package Manager seperti contoh
berikut.
·
Setelah jendela Package Manager terbuka klik Install
seperti pada gambar
·
Setelah mengklik
Install pada jendela Package Manager sebelumnya maka akan
muncul sebuah jendela eksplorer. berikutnya cari file glut-3.7.6-bin pada direktori berikut ganti tipe file menjadi All File kemudian klik Open seperti gambar berikut.
·
Setelah mengklik
Open maka akan muncul sebuah jendela
langkah instalasi klik Next sampai
proses penginstalan selesai.
Setelah
File Library glut telah selesai
terinstall selanjutnya membuat sebuah project baru dengan langkah seperti
berikut :
·
Klik menu File -> pilih new -> klik Project.
·
Maka akan muncul
jendela New Project klik tab Multimedia pilih OpenGL lalu beri nama project dengan mengetik pada kolom Name klik Ok lalu Save.
Membuat Garis Vertikal
Setelah selesai membuat project baru pada sebelumnya
maka akan muncul tampilan sebuah source code yang begitu banyak. Untuk membuat
koding garis vertikal terlebih dahulu cari sebuah bagian koding yang
bertuliskan /* OpenGL animation code
goes here */ /* OpenGL animation code goes here */ . Seperti contoh gambar
berikut.
Berikut
ini adalah koding untuk membuat garis vertikal.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix
();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin
(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd
();
glPopMatrix
();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep
(1);
Berikut
ini adalah contoh gambar penulisan koding berikut.
Setelah selesai memasukan koding pada field
sebelumnya selanjutnya jalankan programnya, pertama-tama compile program
tersebut dengan menekan tombol F9
maka akan muncul jendela Save ketik vertikal kemudian save maka proses
compile akan berjalan tunggu beberapa saat kemudian bila tidak ada kesalahan
atau eror maka program akan berjalan seperti gambar berikut ini:
Membuat Garis Horizontal
Setelah selesai membuat garis vertikal pada
sebelumnya selanjutnya adalah membuat garis horizontal berikut ini adalah
source kode program :
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix
();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin
(GL_LINES);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(-0.6f,0.0f,0.0f);
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f);
glEnd
();
glPopMatrix
();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep
(1);
Berikut
ini adalah contoh gambar penulisan koding program diatas.
Setelah selesai membuat koding pada sebelumnya, save
file tersebut dengan mengklik menu File
-> klik Save As -> Ketik horizontal kemudian klik Save. Langkah selanjutnya adalah
menjalankan programnya diawali dengan mengcompile programnya terlebih dahulu
dengan menekan tombol F9 lalu tunggu
beberapa saat hingga proses selesai, bila tidak ada kesalahan atau eror maka
muncul hasil outputnya seperti gambar berikut.
Membuat
Garis Diagonal
Setelah
selesai membuat garis horizontal pada
sebelumnya selanjutnya membuat garis diagonal.
Berikut ini adalah source koding program.
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix
();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin
(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd
();
glPopMatrix
();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep
(1);
Setelah selesai membuat koding pada sebelumnya, save
file tersebut dengan melakukan Save As seperti
cara sebelumnya beri nama file diagonal
kemudian Save. Selanjutnya compile
program tersebut dengan menekan tombol F9
kemudian tunggu beberapa saat maka muncul jendela out put program seperti
gambar berikut :
Berikut ini adalah link PDF nya : http://www.scribd.com/doc/177760523/Tugas-Grafik-Komputer-Pengolahan-Citra
0 komentar:
Posting Komentar